Musim Baru, Semangat Baru

Semangat, semangat, semangat...

Begitulah perasaan saya mendengar persiapan Real Madrid menghadapi musim kompetisi 2013/2014. Setelah era papi Jose Mourinho berakhir, dan dipilihnya Carlo Ancelotti menjadi entrenador baru, perubahan skuad menjadi hal yang ditunggu-tunggu. Aktivitas transfer El Real musin ini lumayan menjanjikan. Beberapa pemain dengan dengan usia  masih muda didatangkan ke Bernabeu.  Hal ini membawa optimisme tersendiri karena mereka dapat dijadikan tulang punggung Real Madrid di masa mendatang.

Adalah Asier Illaramendi (23 tahun), dan duo pemain berusia 21 tahun (Isco dan Dani Carvajal) telah resmi berseragam menjadi milik Madrid di musim mendatang. selain itu, Madrid juga mempermanenkan pemain pinjaman Casemiro (21 tahun) dari Sao Paulo. Jangan lupakan pula 4 pemain yang dipromosikan dari Real Madrid Castilla. Nama-nama seperti Morata (20), Jese (20), Nacho Fernandez (23) dan Denis Cheryshev (22) akan lebih sering kita saksikan penampilannya.

Dalam post ini saya tertarik membahas trio Isco,Illara, dan Carvajal. Meski berusia muda, mereka adalah pemain yang sudah kenyang pengalaman. Kita mulai dari Isco. Di musim lalu pemain bernama asli Fransisco Roman Alarco Suarez ini membukukan catatan 37 laga bersama Malaga di La Liga Spanyol dan berhasil mengoleksi 9 gol. Pemain yang sempat diincar Manchester City ini biasa bermain di posisi sayap kiri dan gelandang serang. Menjadi sebuah problema tersendiri bagi Don Carlo untuk mengakomodir kehadiran Isco dalam kerangka permainan Real Madrid. Karena di posisi AMC sudah ada nama Mesut Ozil (32 pertandingan, 9 gol). Dan posisi sayap kiri sepertinya sudah paten milik sang mega bintang Cristiano Ronaldo.

Mungkin Don Carlo bisa menggeser Ozil ke posisi sayap kanan. Musim lalu pria Jerman ini 5 kali memulai kick off dari posisi sayap kanan dan memiki koleksi 1 gol & 1 assist serta punya nilai rata-rata 7,36. Sedangkan Isco, apabila bermain di posisi gelandang serang di musim lalu berhasil mencetak 3 gol dan 3 assist dari catatan penampilan sebanyak 20 laga. Dengan formasi 4-2-3-1 sangat memungkinkan terjadi kombinasi antara Ozil-Isco-Ronaldo.

Bagaimana dengan Illaramendi? Pemain yang dihargai dengan harga 38 juta euro ini membukukan 2.686 menit bermain dari 32 pertandingan La Liga untuk Real Sociedad. Walau tidak menyumbang satupun gol, Illara memiliki andil besar dalam kelolosan Real Sociedad menuju Liga Champions. Sebagai gelandang bertahan, Illara dikenal cukup agresif. Rataan taklingnya 3,8 per pertandingan, melebihi semua gelandang yang dimiliki Real Madrid saat ini. Sebagai perbandingan, Xabi Alonso rataan takling Xabi Alonso 3,2 per laga, sedangkan Sami Khedira berjumlah 2 per laga.

Dalam hal mencegat bola alias intersepsi, lagi lagi Illaramendi unggul atas 2 seniornya di Madrid. Rataan 2,3 intersepsi per laga hanya bisa didekati oleh Alonso dengan 1,9 dan Khedira dengan 1,2. Dengan gaya main yang cenderung agresif rataan foulsnya mencapai 1,5 per laga, lagi lagi mengungguli Alonso dan Khedira. Alhasil, koleksi 11 kartu kuning dihadiahkan sang pengadil kepada Illara musim lalu.

Dengan hadirnya Illaramendi, persaingan di lini tengah Real Madrid menjadi lebih ketat. Kabar terakhir dari harian olahraga asal Spanyol, Marca menyebut jika coach Ancelotti tidak memasukkan nama Sami Khedira dalam rencana formasinya.  2 klub tajir asal Perancis (PSG dan Monaco) dan Chelsea diberitakan siap menggunakan jasa Khedira andaikata ia jadi angkat kaki dari kota Madrid.

Isco sudah dibahas, Illara juga sudah, bagaimana dengan Carvajal?

Mencatat 32 penampilan dengan sumbangsih 1 gol dan 7 assist untuk Bayern Leverkusen musim lalu membuat Real Madrid kepincut untuk memulangkan Carvajal. Menempati posisi bek kanan, Carvajal diprediksi akan menjadi pesaing serius untuk Alvaro Arbeloa yang mulai menua. Apalagi posisi bek kanan sering disorot musim lalu sebagai salah satu titik lemah El Real.

Sebagai data, ini adalah perbandingan antara Arbeloa dengan Carvajal.
Kemampuan bertahan:

Pemain
takling
intersepsi
fouls
Memblok shot
Rataan nilai
Arbeloa
2,9
1,6
2,3
0,2
7,02
Carvajal
3,5
3,7
1,4
0,4
7,63

Kemampuan menyerang:
Pemain
goal
assist
shot
Key passes
Dribbles
Arbeloa
0
2
0,2
0,7
0,5
Carvajal
1
7
0,4
1,5
1,9


Ket: catatan diambil dari penampilan keduanya di Liga Domestik
Sumber: whoscored.com

Dengan berbagai data diatas, bukan hal mustahil apabila 3 rekrutan baru Real Madrid akan langsung menghuni starting eleven. Menurut saya, rekrutan El Real pada transfer kali ini cukup memuaskan. Akan tetapi, belanja masih terus berlanjut.  Dan kita tunggu saja siapa lagi muka tenar yang akan memakai berkostum putih-putih, apakah Luis Suarez, atau Gareth Bale, atau tiba-tiba Ibrahimovich yang akan merapat.

Selesai sudah, aku cinta padamu cyuus

Dab Pandu Football Institute

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Catatan Akhir Tahun: 2022, Kembali dan Mengingat Mourinho

Melihat Huesca, Mengingat Chairil

Catatan Akhir Tahun: Di Garis Batas