Belanjalah Sebelum Belanja Itu Dilarang


Sebelumnya saya ingatkan kepada anda semua agar tidak terjebak pada judul diatas. Tulisan ini dibuat untuk mengamati pergerakan pasar belanja pemain bola di bursa transfer musim panas. Jadi kagak ada kaitannya dengan aktivitas ekonomi warga Indonesia menjelang lebaran, yaitu belanja kebutuhan pokok dan baju baru. Tahun ini saya tidak membeli baju baru, lha sarung saya tahun lalu saja dipake masih kendor kok alias lobok (malah curhat). Oke, langsung saja kita lihat pergerakan bursa transfer pemain musim panas kali ini.

Seperti kita ketahui, krisis ekonomi di Eropa agak mempengaruhi klub-klub untuk berbelanja di sesi transfer kali ini. Klub-klub tersebut menjadi agak “owel” dan berhati-hati dalam mengeluarkan uang. tercatat klub kaya baru dari Perancis, PSG yang mendominasi bursa transfer. Dengan sokongan dana dari konsorsium Timur Tengah, klub ini berhasil mendaratkan Zlatan Ibrahimovic, Thiago Silva, Ezequiel Lavezzi, dan Marco Perrati. Kabarnya Lucas Moura juga merapat di tim ini pada Januari 2013.

Liga Inggris

Menjelang bergulirnya BPL musim ini pada Sabtu (18/8), klub-klub di BPL memang banyak berbenah. Chelsea misalnya, mereka melakukan peremajaan skuad. Pemain tua seperti Didier Drogba, Kalou dipersilahkan meninggalkan klub. Sebagai gantinya klub asal London ini mendatangkan Eden Hazard, Marko Marin, dan playmaker muda asal Brazil Oscar. Tetangga sekota mereka, Arsenal juga cukup aktif di bursa transfer. Arsene Wenger berhasil mendapat 2 striker yakni Oliver Giroud dan Lukas Podolski. Ditambah lagi dengan kehadiran gelandang asal Spanyol, Santi Cazorla semakin membuat tim ini lebih berwarna. Namun mereka ditinggalkan oleh kapten sekaligus goal getternya, Robin van Persie. 

Tidak mau kalah, Liverpool juga melakukan pergerakan yang cukup signifikan di bursa transfer. Setelah mengganti pelatih dari Kenny Dalglish ke Brendan Rodgers, klub ini berhasil mendapat beberapa pemain. Sebut saja Fabio Borini, Joe Allen dan yang tebaru Oussama Assaidi didaratkan di Anfield.

Bagaimana dengan duo Manchester? Manchester United agaknya masih dendam kesumat karena gelar musim lalu direbut Manchester City pada menit-menit terakhir. Mereka menambah amunisi dengan membeli pemain anyar. Setelah Shinji Kagawa dan Nick Powell didatangkan, MU membuat kejutan dengan berhasil membawa striker Arsenal Robin van Persie ke Old Trafford. Patut ditunngu duet maut MU Ronney-RvP mengarubgi kompetisi BPL musim ini. Hal tersebut justru berbeda dengan tetangga mereka yang juara musim lalu, Manchester City. Mereka nampaknya adem ayem saja di bursa transfer. Saat ini The Citizen baru mendapat Jack Rodwell yang ditransfer dari Everton. Kabarnya, Roberto mancini masih ngebet untuk mendatangkan gelandang AS Roma, Danielle De Rossi.

Liga Spanyol
Berbicara mengenai Liga Spanyol, tentu tidak dapat dipisahkan dari hegemoni 2 klub besar. Barcelona dan Real Madrid. Namun sejauh ini mereka juga tak terlalu aktif di bursa transfer. El Barca baru mendatangkan Jordi Alba, sedangkan Real Madrid masih belum. Agaknya Los Blancos masih menunggu kedatangan Luka Modric dari Tottenham Hotspurs.

 Yah, sepertinya kita harus menunggu sampai 31 Agustus 2012 saat penutupan bursa transfer. Apakah ada rekrutan baru dengan nilai fantastis. Maka kepada klub-klub eropa saya ingatkan agar berbelanja, sebelum dilarang.

Selesai sudah...

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Catatan Akhir Tahun: 2022, Kembali dan Mengingat Mourinho

Melihat Huesca, Mengingat Chairil

Catatan Akhir Tahun: Di Garis Batas