Mengenal Si Fenomenal Ciro Alves




Penggemar Shopee Liga 1 tentu tak menyangka dengan capaian PS TIRA-Persikabo di musim ini. Apa yang didapat klub yang bermarkas di Bogor tersebut berbanding terbalik dengan musim lalu. Jika di musim lalu mereka berada di papan bawah dan hampir degradasi, musim ini mereka mampu menempati urutan kedua sampai liga berjalan separuh.

Jika ditilik dari materi pemain, tidak banyak yang menyangka tim asuhan Rahmad Darmawan ini mampu mencapai papan atas. Tentu kejeniusan Coach RD perlu mendapat kredit tersendiri. Kepiawaiannya meracik taktik mampu membuat TR-Kabo menjadi tim yang disegani lawan baik saat laga kandang maupun tandang. Sejauh ini TR-Kabo menjadi tim yang paling produktif dengan 42 gol yang sudah dilesakkan ke gawang lawan.

Selain coach RD, ada satu nama yang membetot perhatian publik. Ia dikenal memiliki skill tinggi. Gocekannya sering merepotkan pertahanan lawan. Tak jarang, gol dan assist kerap lahir dari sentuhannya. Pemain tersebut adalah Ciro Alves.

Beroperasi sebagai gelandang, Ciro memiliki pergerakan yang cukup liar. Dirinya sangat susah dihentikan oleh pemain lawan. Kontribusi Ciro buat tim yang bermarkas di Stadion Pakansari tersebut sangat besar. Sampai pekan 21, Ciro tak pernah absen memperkuat Laskar Pajajaran. Dari penampilannya, pemain berusia 30 tahun tersebut sudah mengoleksi 12 gol dan 7 assist, tertinggi dibandingkan pemain TR-Kabo lainnya. Sebagai pemain tengah, dominasi Ciro terlihat dari banyaknya tembakan yang dilakukan. Sampai saat ini ia sudah melepas 40 tembakan, 27 diantaranya mengarah ke gawang.

Kehebatan pemain bernama lengkap Ciro Henrique Alves Ferreira E Silva ini tak lepas dari pengalamannya bermain di luar negeri. Sebelum berlabuh di Indonesia, dirinya sempat berkelana dengan membela Chonburi (Thailand) dan Jeju United  FC (Korea Selatan). Lebih jauh lagi, Ciro pernah berseragam klub Uruguay Deportivo Maldonaldo dan berkarya di negeri sendiri saat memperkuat Fluminense, Atletico Paranaense, Bahia, dan Sport Recife

Masa muda Ciro cukup gemilang. Ia pernah dipanggil membela Brazil U-20 pada tahun 2010. Waktu itu, rekan seangkatannya di Timnas adalah Douglas Costa (Juventus), Rafael Toloi (Atalanta), dan Alex Sandro (Juventus). 7 kali berseragam tim Samba, dirinya mampu menyumbangkan 5 gol.

Kini tuah Ciro dinanti oleh pendukung TR-Kabo. Apakah dirinya mampu membawa tim yang dibela menjadi juara, atau sekadar meramaikan persaingan di papan atas saja. Dalam waktu tidak lama lagi, semua pertanyaan di atas akan terjawab. Terus saksikan serunya kompetisi Shopee Liga 1 sampai akhir musim nanti...

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Catatan Akhir Tahun: 2022, Kembali dan Mengingat Mourinho

Melihat Huesca, Mengingat Chairil

Catatan Akhir Tahun: Di Garis Batas