Intip-Intip Derby Manchester...

Minggu (8/1), Suasana di Kota Manchester akan lebih panas dari biasanya. Penyebabnya apalagi kalau bukan derby Manchester. Ya, pertandingan sepakbola yang dimainkan oleh 2 klub kebanggaan kota Manchester, Manchester United dan Manchester City. Babak ke 3 piala FA menjadi tema dalam derby kali ini. Kandang Manchester City, Etihad Stadium akan menjadi saksi digelarnya duel panas sarat gengsi dan adu strategi dari 2 pelatih hebat, Sir Alex Ferguson dan Roberto Mancini.

Sejak Sheikh Mansour mengambil alih klub dari tangan Thaksin Shinawatra, Manchester City menjadi kekuatan baru di Liga Inggris. Perlahan-lahan mereka berhasil menggusur dominasi The Big Four. Di musim lalu mereka berhasil menjuarai FA cup setelah di final menjungkalkan Stoke City 1-0. Apalagi ditambah hadirnya Sergio "Kun" Aguero musim ini, Manchester Biru bukan lagi tetangga yang berisik bagi MU. The Citizen dapat dimasukkan sebagai penantang MU untuk meraih gelar juara musim ini.

Kekuatan MU musim ini juga banyak berubah. Sejak pensiunnya generasi 92 seperti Gary Neville dan Paul Scholes, MU lebih banyak mengandalkan pemain muda. Mereka memboyong Phil Jones dari Blackburn Rovers dan menarik kembali Danny Welbeck dari Sunderland. Di bawah mistar, MU mendatangkan David De Gea untuk menjadi penerus dari Edwin Van Der Sar yang pensiun di akhir musim lalu.MU juga memberi kesempatan kepada pemain hasil akademi mereka seperti Cleverly, Evans, dan si kembar Da Silva untuk lebih banyak bermain.

Untuk pertandingan sendiri, diperkirakan akan berlangsung ketat. Lini tengah akan menjadi kunci untuk memenangkan permainan. Manchester City tidak akan diperkuat oleh gelandang jangkarnya Yaya Toure yang absen karena membela Pantai Gading berlaga di Piala afrika 2012. Gelandang petarung Gareth Barry juga absen karena skorsing. Untuk itu, Mancini kemungkinan akan memaksimalkan peran David Silva sebagai kreator serangan Citizen. Di kubu setan merah, Sir Alex kemungkinan akan menempatkan gelandang enerjik asal Korsel, Park Ji Sung guna meredam kecepatan lini tengah City. MU juga akan mengandalkan 2 sayap lincah macam Luis Nani dan Antonio Valencia untuk membongkar ketatnya pertahanan tim tuan rumah.

Lini belakang kedua tim saat ini agak berbeda keadannya. Jika Manchester City menjadi tim yang paling sedikit kebobolan di BPL dengan 16 gol, Setan Merah lini belakangnya agak rapuh. Mereka kebobolan masing-masing 3 gol dalam 2 laga terakhir. Absennya Nemanja Vidic karena cedera sangat berpengaruh bagi pertahanan MU. Apalagi ditambah permainan David De Gea yang belum stabil. Untuk tuan rumah, Kolo Toure tidak akan memperkuat The Citizen karena alasan sama dengan adiknya. Hal tersebut dapat ditutup dengan kehadiran Joleon Lescott yang mahir dalam bola-bola atas. Kelemahan dari City adalah jika 2 bek sayap mereka maju membantu serangan, mereka sering lupa kembali ke posisinya. Hal itu bisa memberi peluang bagi Nani dan Valencia untuk menerobos pertahanan Manchester Biru.

Pertarungan tak kalah menarik akan terjadi di lini serang, Jika City memiliki Kun Aguero yang siap menjebol gawang lawan dengan aksi ciamiknya, maka MU punya Wayne Rooney yang ketajamannya tak diragukan lagi. Sejak bergabung dengan MU di tahun 2004, Rooney telah mengemas 162 gol dari 345 laga yang telah dijalaninya. Pertarungan kedua striker tersebut sangatlah menarik dan sayang untuk dilewatkan.

Bagaimanapun, kita tunggu saja Hari Minggu kan tiba. Apakah Citizen mampu mengulang sukses Six and The City? Ataukah MU yang akan keluar dari Etihad Stadium dengan wajah sumringah. Yang pasti saya 100 % mendukung MU. Glory-Glory Man. United...

Selesai sudah...

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Catatan Akhir Tahun: 2022, Kembali dan Mengingat Mourinho

Melihat Huesca, Mengingat Chairil

Catatan Akhir Tahun: Di Garis Batas