INTIP-INTIP EL CLASICO...

Sabtu (10/12) atau Minggu (11/12) waktu Indonesia mata semua penggemar sepakbola di dunia pasti akan tertuju pada Stadion Santiago Bernabeu. Ya, di stadion berkapasitas 80 ribu penonton ini akan menghelat sebuah laga terpanas di Liga Spanyol. Laga antara 2 klub yang saat ini dianggap sebagai 2 klub terbaik di dunia. Laga yang merupakan simbol perseteruan 2 kota di Spanyol, Madrid dan Catalan. Laga yang menurut penggemar kedua tim lebih dari hidup dan mati. Laga itu sendiri bertajuk "el clasico".

El Clasico kali ini adalah edisi ketiga di musim kompetisi 2011/2012. Dalam 2 el clasico sebelumnya di ajang piala super Spanyol, berakhir 2-2 dan di pertemuan kedua 3-2 untuk kemenangan Barcelona. Kemenangan tersebut yang menahbiskan Barcelona mengangkat trofi Piala Super Spanyol. Di musim lalu terjadi 5 kali pertemuan antara kedua tim. Barca sukses menang 2 kali, sedangkan Madrid hanya sanggup memenangkan 1 pertadingan. 2 laga lainnya berakhir seri.

Di musim ini, peta kekuatan tim tentu sudah berubah. Real Madrid dan Barcelona sama-sama menambah amunisi mereka untuk mengarungi kompetisi. Hasilnya, saat ini Real Madrid berada di puncak klasemen La liga dengan 37 poin dari 14 laga. Sedangkan Barcelona membuntutinya dengan selisih 3 poin saja, tetapi Barca telah memainkan 1 pertandingan lebih banyak. Dapat dipastikan El Clasico nanti akan berlangsung dengan seru. Apalagi jika melihat pertarungan lini per lini kedua tim.

Di bawah mistar gawang, Barca dan Madrid sama-sama menyumbangkan kiper mereka untuk timnas Spanyol. Iker Casillas, penjaga gawang Madrid adalah kiper nomor 1 Spanyol. Sedangkan Victor Valdes yang menjadi deputinya akan mengawal gawang El Barca. Keduanya adalah kiper-kiper hebat. Casillas dijuluki "Santo Iker" karena penyelamatannya yang gemilang dikala bek-bek El Real sedang lengah. Tetapi Barca tidak usah khawatir. Mereka memiliki sepasang tangan handal di bawah mistar untuk mengamankan gawangnya dari serbuan "jugador" Real Madrid.

Lini belakang? tentunya kedua tim memiliki pemain yang sama-sama berkualitas jempolan. Barcelona memiliki duet tangguh Gerard Pique dan Carles Puyol. Mereka akan dilengkapi kedua bek sayap yang agresif sekaliber Dani Alves di sisi kanan dan Eric Abidal di daerah kiri. Apabila 2 center bek itu absen, masih ada Mascherano ataupun Basquets sebagai suksesor mereka. Real Madid??? tak ada yang menyangkal mereka punya bek-bek yang sulit ditembus macam Pepe, Carvalho, Albiol ataupun Varane. Full back mereka juga memiliki stok melimpah. Di list mereka ada nama Marcelo, Arbeloa, Sergio Ramos, ataupun Coentrao. Dalam laga el clasico, Sergio Ramos biasanya ditempatkan sebagai bek tengah, lalu posisinya bisa diganti oleh Arbeloa atau pemain serba bisa macam Coentrao.

Lini tengah pasti akan menjadi medan perang kolosal. Gelandang Los Blancos macam Xabi Alonso, Khedira, dan Mesut Ozil akan berperang dengan lini tengah Barca yang dihuni jenderal lapangan macam Xavi, Iniesta, ataupun Cesc Fabregas. Mereka akan berebut wilayah ini untuk mengirimkan suplai-suplai bola kepada penyerang mereka yang tajamnya bukan main. Jika berkaca pada pertadingan musim lalu, Papi Mourinho akan menempatkan Pepe di tengah sebagai destroyer serangan Barca.

Untuk lini penyerangan tentunya sudah tak diragukan lagi. Barca identik dengan Lionel Messi dan Madrid mempunyai Cristiano Ronaldo. Messi akan ditopang striker macam Pedro dan Villa sedangkan CR 7 akan disokong oleh Benzema/ Higuain dan Di Maria. Ajang ini dapat menjadi referensi untuk merebut glar El Pichichi. Saat ini CR 7 dan Messi memimpin daftar tersebut dengan sama-sama mengoleksi 17 gol.

Di bench pemain, ada 2 entrenador yang sama-sama hebat dan cerdas. Mourinho mengarsirteki El Real dan Guardiola menahkodai Barca. Kedua pelatih tersebut sudah tidak diragukan lagi kemampuannya. Mou dan Pep sama-sama telah mengangkat tropi Liga Champion sebanyak 2 kali. Patut ditunggu bagaimana 2 pelatih tersebut melakukan perang strategi di laga ini.

Akhirnya, mari kita tunggu saja pertandingan el clasico. Dan kita lihat saja hasilnya.
Apakah Hala Madrid ???
Ataukah Viva Barca ???
Yang pasti saya adalah Madridista sejati...


Selesai sudah...

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Catatan Akhir Tahun: 2022, Kembali dan Mengingat Mourinho

Melihat Huesca, Mengingat Chairil

Catatan Akhir Tahun: Di Garis Batas