TERUS MENANAMLAH INDONESIA...

Pohon adalah salah satu elemen penting dalam kehidupan manusia. Pohon berfungsi sebagai pemasok kebutuhan oksigen bagi kita. Pohon juga berfungsi sebagai penyerap dan penahan laju air. Saat ini banyak terjadi bencana kekeringan dan cuaca yang panasnya minta ampun di Indonesia. Mungkin itu terjadi karena banyak pohon kita yang ditebangi.

Berawal dari keprihatinan tersebut, sudah sepantasnya kita lebih peduli pada lingkungan kita. Pemerintah telah menetapkan tanggal 28 November sebagai Hari Menanam Pohon Indonesia. Gerakan tersebut sejalan dengan kebijakan pemerintah untuk mengurangi emisi karbon hingga 26% hingga tahun 2020. Target penanaman di tahun ini adalah 1 miliar pohon. Berbagai pihak baik pemerintah maupun swasta menyatakan mendukung kebijakan tersebut. Selain itu, Pemda Jawa Tengah juga meluncurkan program SUSU yang artinya Sak Uwong Sak Uwit (Satu Orang Satu Pohon).

Selain menanam, yang harus dilakukan dalam melakukan upaya penghijauan adalah merawat. Pohon yang sudah kita tanam jangan lupa kita sirami. Jangan sampai pohon yang sudah ditanam dengan susah payah akhirnya mati karena kekurangan air. Gulma yang mengganggu pertumbuhan pohon harus kita siangi.

Yang lebih penting, pemerintah harus melarang illegal logging. Penindakan-penindakan terhadap pelanggaran tersebut harus terus ditingkatkan. Illegal logging sudah sangat merugikan Indonesia. Data BPK menyebutkan bahwa kerugian yang ditimbulkan akibat illegal logging adalah 30,3 triliun per tahun. Itu baru itung-itungan materi, belum nanti kerugian ekologi yang jumlahnya tentu lebih tinggi.

Dalam UU No.41 tahun 1999 tentang kehutanan disebutkan dalam pasal 50 ayat 3 huruf e, '' setiap orang dilarang menebang pohon atau memanen atau memungut hasil hutan didalam hutan tanpa memiliki hak atau izin dari pejabat yang berwenang''.
Ancaman hukuman bila melanggar pasal tersebut adalah pidana paling lama 10 tahun penjara dan denda paling banyak 5 miliar rupiah. Semoga aturan tersebut benar-benar ditegakkan agar kasus illegal logging semakin menurun.

Akhir kata, marilah kita semua menanam pohon dari mulai lingkungan rumah kita. Kalau tidak ada lahan luas kita bisa menanam pohon cabe, pohon tomat, dan pohon gelombang cinta. Yang terpenting ada niat baik dari kita semua untuk terus menjaga lingkungan agar tidak tercemari oleh polutan-polutan...

Pohon maaf bila ada hal yang tak berkenan...
Selesai sudah...

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Catatan Akhir Tahun: 2022, Kembali dan Mengingat Mourinho

Melihat Huesca, Mengingat Chairil

Catatan Akhir Tahun: Di Garis Batas