Intip-Intip Juara ISL...

Ngomongin soal sepakbola Indonesia memang tiada habisnya, apalagi jika membahas tentang kompetisi. Sampai saat ini ada 2 kompetisi yang bergulir, ISL dan IPL. Tetapi saya hanya akan membahas ISL. Kenapa? Karena menurut saya ISL lebih kompetitif dan berkualitas (menurut saya lho...). Selain itu, pemain yang berlaga di ISL namanya sudah tidak asing lagi di telinga kita.

Di musim ini, ISl tetap diikuti 18 klub. Klub yang berlaga pun juga memperbaiki skuad mereka dengan merekrut banyak pemain baru. Akibatnya, peta persaingan menjadi agak berubah. menurut saya ada beberapa tim yang berpeluang menjadi kampiun ISL musim ini. Mari kita ulas bersama-sama.

Persipura Jayapura
Klub yang bermarkas di Stadion Mandala Jayapura ini sangat difavoritkan untuk menjadi juara. Selain karena juara musim lalu, materi tim ini memang sangat solid. Ditambah kembalinya Beto Goncalves dari Persijap, lini depan Mutiara Hitam menjadi lebih tajam. Saat ini Beto telah mengemas 4 gol dari 4 laga. Ditambah Boaz dan Zah Rahan, maka Persipura menjadi ancaman bagi setiap lawan mereka. Tetapi Persipura masih memiliki PR yakni menambal celah di pertahanan mereka yang kini telah ditinggal Victor Igbonefo ke Pelita Jaya.

Sriwijaya FC

Musim ini, Sriwijaya FC melakukan transfer yang begitu baik. Kedalaman skuad mereka begitu merata. Lini tengah menjadi andalan mereka karena digalang pemain hebat macam Firman Utina, Ponaryo Astaman dan Samsul Chaerudin. Klub berjuluk laskar Wong Kito ini juga memiliki 2 bek sayap andal seperti Supardi dan Mahyadi Panggabean. Mereka juga punya sayap berkecepatan maksimal bernama Siswanto dan M. Ridwan. Dengan pemain berkualitas seperti diatas, Sriwijaya layak dijagokan untuk merebut gelar juara. Hanya saja, tim ini kerap bermain labil apabila bermain tandang.


Persisam Samarinda

Pembelian Gonzales dan Eka Ramdani tampaknya sangat efektif bagi tim ini. Ditambah pemain lama seperti Ronald Fagundes, kolaborasi mereka menjadi ancaman yang sangat serius bagi tim lawan. Persipura pun dibuat takluk dengan skor 3-1. Hadirnya Yongki Aribowo juga menambah opsi lain bagi coach Daniel Roekito untuk menerapkan strategi menyerang. Tetapi, sifat El Loco yang emosional bisa menjadi bumerang bagi tim ini.


Persib Bandung

Musim ini Persib memang banyak berubah. Hadirnya punggawa timnas seperti M.Ilham, Nasuha, dan Zulkifli cukup membuat tim ini layak diperhitungkan untuk merengkuh tropi ISL. Mereka akan berpadu dengan muka lama seperti Atep, Maman Abdurahman, dan playmaker asing Milijan Radovic. Meskipun begitu, Persib harus menambah tajam lini depannya karena dari 6 gol yang mereka ciptakan sampai pertandingan keempat, baru 1 gol yang dicetak oleh striker. Satu-satunya gol tersebut dicetak Airlangga Sucipto saat bersua Persiram Raja Ampat.


Persija Jakarta

Kekuatan Persija musim ini memang berbeda dari musim lalu. Kali ini Macan Kemayoran mengandalkan pemain muda. Nama-nama seperti Ramdani Lestaluhu, Hasim Kipuw, dan Andritany diplot sebagai pemain inti. Mereka dipadukan dengan senior mereka sekelas BP, Ismed Sofyan, dan Leo Saputra. Kombinasi tersebut cukup membahayakan mengingat saat ini Persija bertengger di posisi 4 klasemen sementara ISL. Tetapi mental pemain muda yang labil dapat menjadi kelemahan tim yang diasuh Iwan Setiawan ini.

Selain 5 klub diatas, masih ada lagi klub yang berpotensi menjadi juara ISL. Tim bertabur bintang seperti Mitra Kukar dan Pelita Jaya dapat menggulingkan 5 klub diatas. Tetapi klub lain juga memiliki peluang sama untuk menjadi yang nomer satu. Tinggal masalah konsistensi performa yang harus mereka jaga agar tidak terpeleset. Kita tunggu saja lanjutan kompetisi ISL dan pantengin siapa juaranya...

Selesai sudah...

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Catatan Akhir Tahun: 2022, Kembali dan Mengingat Mourinho

Melihat Huesca, Mengingat Chairil

Catatan Akhir Tahun: Di Garis Batas