9


Tak terasa  bulan ramadan berlalu begitu cepat. Hari ini merupakan puasa ke 9. Berarti sudah hampir 1/3 puasa kita lalui. Puasa dibagi menjadi 3 fase. Fase pertama infiltrasi, kedua konsolidasi, dan terkakhir konfrontasi. Bentar-bentar, salah ding. 3 fase yang disebut diatas adalah tahapan dalam operasi Mandala guna merebut Irian Barat pada tahun 1960-1963.

Kembali ke angka 9. Angka ini merupakan angka yang cukup spesial baik dalam perspektif Jawa maupun Islam. Dulu waktu jaman SMA, saya diceritani oleh guru PKn bahwa angka 9 merupakan angka paling sempurna. Terus kita diberitahu bahwa jumlah lubang yang dimulai manusia ada 9. Kalau ndak percaya, coba dihitung dari sekarang. Hehehe

Soal angka 9, mantan presiden kita Bapak SBY juga percaya bahwa angka 9 merupakan angka hoki. Lahir di Pacitan pada tanggal 9-9-1949 (angka ini akhirnya jadi nomer pengaduan 9949), Beliau mendirikan partai demokrat pada 9-9-2001 dengan jumlah pendiri 99 orang. Pada 9-9-2004, beliau memenangi pilpres putaran kedua. Di Cikeas juga tergantung lukisan rusa yang jumlahnya 9 (kalau yang ini nggak usah dicek, mosok anda mau ke Cikeas?)

Dalam Islam angka 9 juga dimaknai sebagai angka baik. Kita mengenal adanya wali songo. 9 orang wali ini yang menyebarkan Islam di pulau Jawa. Selain itu, angka 9 juga dijadikan lambang. Lambang ormas Nahdlatul Ulama pun ada bintang yang jumlahnya 9. Sedangkan dalam Jawa, 9 dipandang sebagai angka yang paling tinggi nilainya. Setelah bilangan 9 tidak 10, melainkan kembali ke 0.

Dalam dunia bisnis juga begitu. Kita mengenal perusahaan rokok terbesar di Indonesia HM Sampoerna. Salah satu produknya adalah Dji Sam Soe (234). 234 kalau dijumlahkan juga 9. Di salah satu pabriknya, jumlah pekerja yang melinting rokok juga 234 orang. Tidak kurang, dan tidak lebih. Kalau nggak salah, RUPS perusahaan juga diadakan di tanggal 18 atau 27 yang jika dijumlah akan jadi 9. Perusahaan rokok lain, Wismilak juga begitu. Dalam logonya ada mbah-mbah (tentu bukan mbah-mbah orang di anggur orang tua) dan yang dikelilingi oleh bintang-bintang. Jumlah bintang yang mengelilingi mbah tersebut ada 9. Kalau ndak percaya, silahkan dicek.

Di dunia sepakbola, angka 9 adalah milik para striker. Jarang ada bek atau kiper yang memakai kostum no 9. Banyak striker galak yang menggunakan angka 9. Ronaldo kuncung, Inzaghi, Higuain, Benzema, Mandzukic, Lewandowski juga bernomor punggung 9. Kalau mau diabsen lagi, masih banyak daftarnya.

Itulah keistimewaan angka 9. Angka yang dianggap sebagai angka paling tinggi. Demikian saja ya untuk hari ini. ngapunten kalau postingannya bersifat otak-atik gatuk. Nyambung-nyambungke. Eh, ngomong-ngomong angka kegemaran saya adalah 36. Kalau dijumlah, jadi 9 juga kan?

Selesai sudah, salam 36


P.B


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Catatan Akhir Tahun: 2022, Kembali dan Mengingat Mourinho

Melihat Huesca, Mengingat Chairil

Catatan Akhir Tahun: Di Garis Batas